MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 2 SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN PARIPURNA TINGKAT JAWA TIMUR

MAN 1 Gresik kembali menahbiskan diri sebagai salah satu madrasah berprestasi. Prestasi tidak hanya diraih oleh siswa MAN 1 Gresik saja. Kali ini prestasi dipersembahkan oleh Tim SSK (Sekolah Siaga Kependudukan) MAN 1 Gresik.

Madrasah yang beralamat di Jalan Raya Bungah 46 Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik tersebut berhasil meraih Juara 2 Sekolah Siaga Kependudukan paripurna dan Pengelola SSK Jawa Timur. Pengumuman keputusan juara tersebut tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh BKKBN Jawa Timur tertanggal 12 Juni 2023 nomor 7/PD.04/j/2023. MAN 1 Gresik pun menjadi satu-satunya madrasah atau sekolah di Kabupaten Gresik yang meraih juara dalam kompetisi tersebut.

Kompetisi tersebut pun terasa istimewa, pasalnya lomba yang diadakan guna mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kualitas laju pertumbuhan penduduk tersebut diikuti oleh lintas instansi. Kompetisi tersebut tidak hanya diikuti oleh SMA/MA/SMK/sederajat. Namun kompetisi SSK Jawa Timur juga diikuti oleh Dinas Pemerintahan di Jawa Timur serta SMP/MTs/Sederajat.

Lomba Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) merupakan perlombaan bagi satuan pendidikan yang telah menyandang sebagai sekolah SSK. Lomba tersebut diselenggarakan oleh BKKBN Provinsi Jawa Timur. Indikator yang dilombakan dalam kompetisi tersebut pun cukup banyak. Peserta lomba SSK pun harus memiliki (1) Program yang berkaitan wawasan kependudukan, (2) RPP yang terintegrasi dengan kependudukan, (3) Penguatan kegiatan SSK dengan warga madrasah, (4) menjadi mentoring dan motivasi bagi satuan pendidikan lain, (4) Kegiatan siswa yang mengandung konten kependudukan, (5) Pengembangan media berbasis daring, (6) Inovasi pendidikan yang telah dikembangkan satuan pendidikan berbasis kependudukan, (7) Publikasi muatan kegiatan pendidikan, (8) Inovasi pengembangan pojok kependudukan, dan (9) Inovasi pendidikan kependudukan melalui mekanisme pembelajaran jarak jauh.

Melalui beberapa indikator penilaian tersebut, MAN 1 Gresik harus membuktikan melaui bukti fisik dan dokumen foto. Beberapa dokumen pendukung pun harus dipublikasikan melaui websiter sekolah. Beberapa di antaranya meliputi foto kegiatan, dan karya ilmiah yang ditulis oleh siswa MAN 1 Gresik tentang Pendidikan Kependudukan.

Atas keberhasilan tersebut, MAN 1 Gresik berhak mewakili Jawa Timur dalam Lomba SSK Paripurna dan Pengelola SSK Tingkat Nasional. Di Tingkat Nasional MAN 1 Gresik tidak sendirian, berdasar SK BKKBN Jawa Timur terdapat 7 lembaga yang berhak tampil dalam lomba SSK tingkat Nasional. 7 lembaga tersebut yaitu MAN 1 Gresik, MAN 1 Malang, SMAN 1 Kota Madiun, SMPN 4 Kepanjen, SMPN 4 Mojokerto, MTs At Taqwa Bondowoso, dan Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso.

Leave a Comment